Bagi orang yang bekerja menggunakan komputer pasti menghasilkan data yang banyak. Data-data tersebut tersimpan di dalam penyimpanan komputer. 

Seringkali management data yang kurang baik bisa membuat kita merasa pusing gara-gara data yang terlalu banyak.

Solusinya, kita bisa membuat partisi harddisk / HDD lebih banyak, untuk mengelompokkan kategori file-file berat dan ringan.

Partisi pada komputer diibaratkan ruang penyimpanan, fungsinya untuk menyimpan berkas-berkas digital di komputer.

Cara Membagi Partisi (Shrink) Harddisk Menjadi Beberapa Bagian di Windows 7


1. Pertama, buka Start Menu > Klik Kanan My Computer > Kemudian pilih Manage.





2. Kemudian akan muncul tampilan Computer Management > Pilih Disk Management > di sana akan ada tampilan Partisi yang sudah ada.


3. Lalu, pilih salah satu partisi yang akan di bagi lagi. Sebaiknya pilih partisi yang masih memiliki space besar, agar tidak terlalu kecil jika dibagi dua.

Klik kanan, pilih Shrink Volume.


6. Setelah itu perhitungkan berapa besaran kapasitas partisi baru yang akan dibuat dengan membagi volume partisi E. Setelah itu, klik Shrink.


Pada tahap ini, partisi yang sudah kita bagi belum bisa digunakan. Statusnya masih "Unallocated" antuk menyelesaikannya, kita akan memformat partisi baru tersebut agar bisa digunakan.




Silakan klik kanan pada Unallocated tersebut > Pilih New Simple Volume > tinggal klik Next sampai Finish.

Jika berhasil. Status partisi unallocated akan berubah menjadi Primary atau Logical Drive. Dan partisi HDD kita akan bertambah dan siap digunakan untuk menyimpan data-data pentingmu.

Amir

Amir

Amir is a travel blogger. He travels to beautiful places, cultures, and societies to get amazing experience and understanding in different perspective.
Posting Komentar